HIV/AIDS

December 11, 2008 at 2:48 pm (Apa kata mereka ??, sebaiknya kita tahu) ()

an_encounter_by_euphoriazMasih dalam suasana Desember. Pada awal bulan ini tepatnya tanggal 1 Desember, saya sempat mem-posting sebuah tulisan yang membahas turunya harga bensin dan juga sedikit bahasan yang menyinggung tentang HIV/AIDS. Nah sekarang saya akan mengupas lebih detail mengenai HIV serta tetek-bengek yang berkaitan dengannya.

Beberapa waktu yang lalu, seperti biasa setiap dua minggu sekali saya selalu membuat sebuah penelitian kecil-kecilan dengan tema-tema tertentu. Melalui sebuah questionnaire saya mengumpulkan pendapat dari kawand-kawand saya mengenai tema yang sedang saya angkat itu. Nah kali ini tema yang sedang menjadi sorotan saya adalah HIV & AIDS. Okay, here d’one…//

***

  1. Apa sih HIV/AIDS itu? AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau sindrom runtuhnya kekebalan tubuh, adalah sebuah penyakit yang merupakan kumpulan gejala akibat menurunya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi virus HIV. HIV sendiri adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Orang yang terinfeksi virus ini tidak dapat mengatasi serangan infeksi dari penyakit-penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya terus menurun secara drastis. Bahkan kuman yang bagi orang biasa tidak menimbulkan penyakit, pada penderita HIV dapat menimbulkan kematian.Hakekatnya, seorang manusia normal di dalam tubuhnya telah secara otomatis memiliki suatu antibodi yang dapat melindunginya dari berbagai serangan penyakit. Sayangnya, hal ini tidak terjadi pada seseorang yang terserang virus HIV. Antibodi yang ada dalam tubuhnya perlahan menurun dan akan mati karena digerogoti oleh virus HIV. Ibarat sebuah Negara, ketika ia tidak memiliki sistem pertahanan (antibodi) yaitu aparat keamana baik TNI maupun POLRI, maka akan dengan mudah negara ini dihancurkan oleh negara-negara lain. Seperti itulah gambaran kondisi seseorang yang mengalami disfungsi antibodi karena virus HIV.
  2. Bagaimana cara penularan virus HIV? Pada penderita AIDS, HIV terdapat pada seluruh cairan tubuhnya, tetapi yang bisa menularkan hanya yang terdapat pada sperma (air mani), darah, dan cairan vagina. Cara penularannya adalah sebagai berikut:
    a.    berganti-ganti pasangan seksual, atau berhubungan dengan orang yang positiv terinfeksi virus HIV
    b.    pemakaian jarum suntik bekas orang yang terinfeksi (termasuk pemakaian jarum suntik secara bergantian juga rentan terhadap virus HIV)
    c.    menerima transfusi darah dari orang yang tercemar virus HIV
    d.    bahkan ibu hamil yang terinfeksi virus HIV juga akan menularkan kepada bayi dalam kandungannya.
  3. Tanda dan Gejala HIV/AIDS. Pada umunya penderita tidak menunjukan gejala-gejala khusus setelah ia terinfeksi virus HIV. Baru setelah beberapa minggu kemudian, orang yang terinfeksi sering kali menderita penyakit ringan sehari-hari seperti flu atau diare. Secara fisik kondisi penderita memang terlihat sehat. Bahkan terkadang selama 3-4 tahun penderita tidak menunjukan gejala yang khas. Sesudahnya, ditahun-tahun berikutnya mulai timbul diare berulang-ulang sehingga terjadi penurunan berat badan secara drastis, sering terjadi sariawan di mulut, dan terjadi pembengkakan di daerah kelenjar getah bening serta penurunan kesadaran dan gangguan-gangguan neurologis.
  4. Lalu, bagaimana cara menghindari HIV/AIDS?

    Banyak cara yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
    a.    tidak berganti-ganti pasangan dan menghindari hubungan seksual diluar nikah.
    b.    Sebisa mungkin menghindari transfusi darah yang tidak jelas asal usulnya.
    c.    Menggunakan alat-alat medis dan non-medis yang terjamin steril.
  5. Bagi orang yang sudah terinfeksi, bagaimana cara mengobatinya? Sampai sekarang memang belum ditemukan cara pengobatan virus HIV ini sampai tuntas. Tang ada hanyalah menolong penderita untuk mempertahankan tingkat kesehatan tubuhnya.

Uraian di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak apa yang bisa kita lakukan. Membangun kesadaran pada tiap individu merupakan kunci utama memerangi penyakit ini. Pahami ilmunya dan lupakan mitos-mitos yang salah. Yang benar adalah bahwa hubungan sosial dengan penderita HIV/AIDS tidak akan membuat kita tertular penyakitnya. Bahwa bersalaman, tinggal satu rumah, dan menggunakan tempat tidur yang sama tidak akan membuat kita tertular. Perhatikan, bahwa obat yang paling ampuh bagi para penderita HIV adalah motivasi dan dorongan semangat dari orang di sekelilingnya. Jauhi penyakitnya, bukan orangnya!!

Bahan bacaan :

  1. Buku Biologi 2B, Istamar Syamsuri, dkk
  2. Data survei dari kawand-kawand

4 Comments

  1. mbexberduka said,

    Inget yah, “jauhi penyakitnya, bukan orangnya!!!”

  2. pantura said,

    mulailah dari orang-orang terdekat..//

    • mbexberduka said,

      wuah…sorry bgt baru tak balesi. Repot bgt ama account yang lain sampe lupa dolanan wordpress.
      Iya anda benar. Mulailah dari orang terdekat. Tapi mudah2an nggak ada orang terdekat kita yang menderita penyakit itu. Amin

      Btwm siapakah orang dibalik Lpk pantura itu,,

  3. mbexberduka said,

    kabar baik,. Kemaren kebetulan saya nonton acara KickANDY dan pas bgt tema waktu itu adalah HIV/AIDS. Dari acara itu saya dapat sebuah informasi baru, yaitu adanya program “Harm Reduction” atau mengurangi dampak buruk. Maksudnya adalah mengurangi dampak buruk dari penggunaan narkoba. Yah biar nggak pake jarum suntik ganti-gantian gitu. Nah metode yang dipake adalah dengan menggunakan ‘metadhone’, sejenis sirup yang memiliki kadar heroin rendah yang dapat langsung diminum oleh para pecandu. Jadi diharapkan dengan adanya methadone ini para pecandu bisa secara perlahan-lahan meninggalkan kebiasaan buruknya, yaitu menggunakan jarum suntik.

    Sukses terus buat KPA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: