Jerawat Bukan Kiamat

November 28, 2008 at 9:31 pm (Apa kata mereka ??, riset, sebaiknya kita tahu) ()

original picture from okezone.com

original picture from okezone.com

Wew, kalau kamu pikir itu ekstrim, ya saja juga. Tapi tak apa, judul hanya lah judul yang merupakan gambaran dari isi tulisan ini. Ehm, ngomong-ngomong soal jerawat, beberapa hari yang lalu saya sempet bikin sebuah penelitian kecil-kecilan mencari tahu opini temand-temand saya mengenai penyebab munculnya jerawat. Yah dari 12 kuisioner yang saya bagikan pada temand-temand saya yang terdiri dari 4 cowok dan 8 cewek ini, dapat saya simpulkan bahwa sebagian dari mereka mengatakan bahwa “stress” merupakan faktor utama pemicu hadirnya jerawat di wajah kita. Kalian pikir itu cukup?? Fuih, sayangnya belum.

Berdasarkan buku yang pernah saya baca, ternyata ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat di wajah kita. Yang pertama adalah faktor keturunan. Mungkin keturunan yang dimaksudkan disini lebih bersifat hormonal yang diwariskan oleh orang tua kita. Selain itu, pada usia remaja hormon dalam tubuh kita dapat memproduksi kelenjar minyak secara aktif, bahkan cenderung berlebihan. Hal inilah yang membuat kulit muka kita berminyak yang nantinya akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan sudah dapat dipastikan bahwa seketika itu pula akan muncul jerawat di wajah kita. Kemudian faktor yang kedua, tentu saja ‘stress’. Yah, walaupun stress ini bukan merupakan faktor mutlak-tunggal penyebab munculnya masalah kulit, tapi dapat dikatakan bahwa ‘stress’ memiliki andil dalam menghasilkan jerawat. Hal ini erat kaitannya dengan sistem kerja hormon. Baban pikiran yang terlalu berat akan mendorong sistem hormonial kita bekerja terlalu keras yang dapat mengakibatkan produksi kelenjar minyak menjadi berlimpah yang memungkinkan munculnya jerawat di wajah. Selain itu bagi sebagian perempuan, jerawat juga bisa muncul ketika datang masa menstruasi.

Lalu, langkah apa yang harus dilakukan ketika muncul jerawat di wajah saya?

1. Jangan menyentuh apalagi menekan jerawat yang ada di wajah anda. Karena hal itu dapat mengakibatkan  penyebaran bakteri pada daerah luka.
2. Lakukan perawatan atau facial secara khusus agar jerawat anda berkurang. Perawatan ini dapat dilakukan dengan mendatangi tempat treatment khusus kulit atau dapat dilakukan sendiri dengan mengunakan pembersih yang aman.
3. Bila ternyata tidak terjadi perubahan, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit (dermatoligist). Carilah seorang dermatologist dan konsultasikanlah masalah anda.

Bagaimana caranya melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali?

  1. Mengatur pola makan. Penting, bagi anda yang alergi terhadap makanan tertentu, ada baiknya lebih selektif dalam memilih makanan.
  2. Rajin-rajinlah membersihkan wajah. Membersihakan wajah merupakan langkah paling mudah yang dapat dilakukan. Perhatikan juga kebersihan air, karena air yang kotor juga bisa menjadi faktor pemicu munculnya jerawat. Bagi anda yang ingin mengunakan product-product tertentu pembersih wajah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter specialis kulit. Mintalah rekomendasi tentang product mana yang cocok untuk jenis kulit anda.

Ya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi kawand-kawand semua. Terimakasih dan sampai ketemu di penelitian-penelitian saya selanjutnya. Wassalamualaikum.wr.wb

7 Comments

  1. kahfinyster said,

    stuju!!!! gw walo ada jerawat tetep stay cool,,gw tetep keren koq,,

    salam kenal,,kunjungi saya di http://www.kahfinyster.wordpress.com yah,,,

    • mbexberduka said,

      Mas Kahfinyster, saya minta maaf baru sempet approve comment anda. Terima kasih atas kunjungannya.

      Iya, jerawat itu bukan penyakit yang memalukan. Jadi nggak ada yang perlu dikhawatirkan,, tetap staycool seperti anda adalah solusi tepat menghadapi jerawat. Tapi tetep jangan lupa, kudu tetep rajin bersihin wajah biar jerawatnya nggak nambah banyak. Oka…oka..,,

  2. wahyu said,

    Anda benar, jerawat emang bukan kiamat. Tapi tetep kalau pas lagi bete2nya, itu jerawat bisa beneran sakitnya minta ampun. senut..senut…rasanya aje gile….

    • mbexberduka said,

      Pak wahyu bisa ajah,, emang pernah jerawatan…??
      Pilih mana jerawatan atau bisulan ??,, hahaha….,,

      Jerawat yang paling nggak enak adalah jika munculnya di areal hidung. Beuh,…mwuot..mwuottane dan,,njah bahasa pekalongane metu wez.,,,hoho…

  3. mbexberduka said,

    tips tambahan,

    beberapa hari yang lalu saya lihat di televisi dan mengatakan bahwa jus tomat juga bisa dipakai buat masket wajah, yeak…//
    agak menjijikan memang, tapi katanya sih bisa ngurangi jerawat.
    Percaya??

  4. Nofi said,

    Jgn lp 1x dlm seminggu tuk peeling spy membwt wajh jd bersih.

    • mbexberduka said,

      Mbak Nofi, terimakasih atas komentarnya. Tapi menurut saya membersihkan wajah juga perlu dilakukan setiap hari. Tak masalah hanya dengan air bersih biasa. Yang penting rutin, supaya debu dan partikel2 lain tidak menyumbat dikulit wajah.,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: