The Tarix Jabrix

May 21, 2008 at 7:04 pm (all about fun)

Ehm…ehm…21 (baca twenty one) lagi neh boz. Emang paling enak tie kalo bikin review gene. Secara geto kita mah indonesian movie bgt, kalo kata orang inggris eta teh “Freak” begitu, gila pilem pokoknya dah.

Nah ini dia, Keren Bukan Pose Mereka…///??!!!

Nah si Abang mau tanya neh, uda pada nonton Tarix Jabrix lom. Beh, ini pilem gokil pisan euy. Film paling lucu terahir yang pernah saya tonton setelah Get Married. Tau nggak pas abang liat pilem ini perut abang sakit banget, sumpah. Oiya sebelumnya abang kasih tau ya, kalo abang liatnya di 21 (baca twenty one) loh, bukan di rumah sendiri apalagi dirumah temen dengan menggunakan VCD bacakan yang ditonton rame-rame, naudubilahimindzalik.

Oke, back to crita. Jadi tu ya ini film emang ngakak banget deh, samua orang yang ada di Theater waktu itu nggak ada yang nggak ngakak, semua ketawa liat tingkah polah anak2 Changcuter ini. Ada yang Ngakak sambil goyang2 lah, ada yang ngakak sambil maju mundur, ngakak sambil towel-towel temen sebelahnya lah, padahal saya curiga kalo mereka gak saling kenal. hee…bahkan ada juga yang ngakak sambil ngupil, ehm kalo itu ma abang sendiri kalee..!!

Jadi ceritanya gene, memulai cerita ini. Salah satu dari mereka yang bergaya rambut layaknya Jim Carey dalam Ace Ventura menuturkan pengalamannya saat ingin bergabung dengan kelompok bikers “Road Devils”. Kelucuan pun tercipta saat sang Jim Carey yang ternyata bernama Caca Sutarya alias Cacing (Tria Chanchut) harus melalui tahapan tes masuk yang meliputi jambret tas, naik motor tanpa rem dan lampu malam-malam dan berkelahi, Cacing yang meskipun berwajah kriminal namun berhati mulia tidak sampai hati melakukan itu semua. Hingga ia kemudian tergerak untuk mengajak kawan-kawannya, Mulyana Derajat alias Mulder ( Dipa Chanchut) orang Bandung yang besar di Medan, Dadang (Erick Chancut) anak pemilik bengkel motor Sugema yang percaya, bahwa hanya akte kelahiran-lah bukti otentik hubungan anak-bapak tersebut, serta si kembar tidak identik yang sedikit autis dan cenderung hiperaktif, Coki (Qibil Chanchut) dan Ciko (Alda Chanchut) untuk membuat geng motor sendiri.

Film ini mengedepankan orisinalitas dalam ide cerita yang mengangkat tentang geng motor di Bandung, The Tarix Jabrix nampak mampu menjawab tantangan untuk membuat sebuah film komedi yang sepi dari tema seks dan kejantanan pria namun tetap lucu. Celetukan-celetukan yang lazim di temukan dalam kamus bahasa gaul mutakhir seperti, “Ya iyalah, masa ya iya dong” hadir dengan alami, sebuah konsep naturalitas yang juga terlihat dari tampang para personel The Chancutters yang memang jauh dari kesan artistik dan fotogenik alias nggak ganteng-ganteng amat.

Jadi mengusung beberapa pesan sederhana seperti mematuhi peraturan lalu lintas, safety riding, dan patuh kepada orang tua ternyata tidak membuat film ini menjadi garing dan membosankan. Sebaliknya, The Tarix Jabrix mampu menjadi sebuah ajang pembuktian tersendiri bagi Hanung dan rekan-rekannya dalam berkarya, paling tidak guyonan ala Hanung masih manjur dan ampuh dalam mengocok perut penonton tanpa harus terpeleset menjadi guyonan jorok ataupun ajang eksploitasi body pemeran wanitanya. Catet…!!!//

Terus si Cacing, ehm bukan maksudnya si Dadang, ehm bukan..ehm…bukan..maksudnya…aduh bingung buat critainnya, abis luthu banget seh. Mendingan liat sendiri aja deh, beneran Luthu loh, sumpah ana jujur.

Oiya pilem ini di Sutradarin ama Mas Hanung Bramantyo loh, itu loh yang bikin Get Married ama Ayat-Ayat Cinta. Pokoknya seru deh. Liat yah..//

NB: bocoran dikit ya, mas hanung juga ikut main loh di pilem itu.

Buat mas Hanung, ditunggu yah pilem2 kocak yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: